Kisah Nabi Daud A.S dan Mukjizatnya



Kepadanya diturunkan kitab Zabur, kitab suci yang menghimpunkan qasidah-qasidah serta ayat-ayat yang mengandungi tasbih dan puji-pujian kepada Allah. Di dalamnya jua ada kisah tentang umat-umat terdahulu, berita tentang nabi yang akan datang termasuk berita datangnya Nabi Muhamad SAW. Nabi Daud A.S adalah salah seorang dari tiga belas bersaudara,  keturunan yang ketiga belas dari Ibrahim a.s. Baginda tinggal di kota Baitlehem, kota kelahiran Nabi Isa a.s.


makam nabi daud a.s yang terletak di Israel


Nabi Daud A.S merupakan seorang nabi dan rasul dalam agama Islam. Baginda juga dikenali sebagai David dalam agama Yahudi dan Kristian. Baginda merupakan raja kedua dan yang paling terkenal dalam kerajaan Israel .Ketika mulai dewasa, Nabi Daud dan dua abangnya ikut berperang melawan pasukan Jalut dari Filistin (Palestin) yang menjajah Bani Israil. Setelah berhasil mengalahkan Jalut, Daud dinikahkan oleh Raja Talut dengan Mikyal, puterinya.

Mikyal sangat setia kepada  Nabi Daud a.s. Raja Talut, yang sebelumnya berniat membunuh Daud, akhirnya meninggalkan mahkota kerajaannya. Baginda telah diankat menjadi raja Bani Israil ketika masih berusia di bawah 30 tahun. Ia kemudian menjadikan Baitulmaqdis (Jerusalem) ibukota kerajaannya. Ketika berusia 40 tahun, Nabi Daud  a.s menerima risalah kenabian. Allah Swt. memberinya kitab Zabur dan beberapa mu'jizat. Nabi Daud a.s. memerintah Bani Israil selama sekitar 40 tahun dan dianugerahi usia 100 tahun 6 bulan.


Allah telah mengurniakan mukjizat tertentu kepada Nabi Daud yang tidak ada pada nabi lain. Antaranya:-


  • Allah mengutusnya sebagai nabi dan rasul lengkap dengan kesempurnaan ilmu, ketelitian amal perbuatan serta kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan. 
  • Nabi Daud amat petah berkata-kata dan mampu melebur jiwa yang keras hanya dengan ayat dari mulutnya.
  • Kepadanya diturunkan kitab Zabur.
  • Allah menundukkan gunung-gunung dan memerintahkannya bertasbih mengikuti tasbih Nabi Daud setiap pagi dan senja.
  • Burung-burung pun turut bertasbih mengikuti tasbih Nabi Daud berulang-ulang.
  • Nabi Daud diberi peringatan tentang maksud suara atau bahasa burung-burung.
  • Allah telah memberinya kekuatan melentur dan melembutkan besi. Nabi Daud dapat membuat baju-baju dan lingkaran-lingkaran besi dengan tangannya tanpa pertolongan api.
  • Nabi Daud telah diberikan  kesempatan menjadi raja dan memimpin kerajaan yang kuat yang tidak dapat dikalahkan oleh musuh. Malahan ia  selalu memperoleh kemenangan di atas semua musuhnya.
  • Nabi Daud dikurniakan suara yang merdu oleh Allah yang sedap didengar oleh seluruh isi alam.  Sehingga kini ia menjadi kiasan bila seseorang bersuara merdu dikatakan bahawa ia memperoleh suara Nabi Daud.



10 ulasan:

  1. hebat sungguh ciptaan allah swt .

    BalasPadam
    Balasan
    1. Maha suci ALLAH SWT , PENCIPTA YG BERKUASA KE ATAS SELURUH SEKALIAN ALAM...
      SUBHANALLAH !! ALHAMDULILLAH !!
      ALLAHUAKHBAR !!

      Padam
  2. Nabi Daud AS diwartakan dalam Al Quran mahir melebutkan besi dengan menggunakan jari, manakala orang lain pula melebur besi dengan api, peesoalannya sejak bila agaknya teknologi peleburan besi dicipta dan dari mana sumber besi mentah diperolehi?

    BalasPadam
  3. Asik..kalau dapet ilmu melunakan besi
    ..bisa buka usaha getok magic..

    BalasPadam
  4. Maha suci ALLAH SWT , PENCIPTA SELURUH SEKALIAN ALAM...
    Subhanallah !! Walhamdulillah !! ALLAHUAKHBAR

    BalasPadam
  5. semoga kita bisa mencontoh yyy cipaanya aallah sungguh besar

    BalasPadam
  6. Alhamdulillah...

    BalasPadam
  7. Yang tanya asal besi mentah dari mana?
    Berarti dia gk pernah baca Al Quran.
    Salah satu ayat menjelaskan tentang "diturunkannya besi".
    Artinya besi berasal dari pecahan2 meteor dari luar angkasa yang dijatuhkan oleh Allah SWT ke bumi. Agar bisa bermanfaat bagi manusia.
    SUBHANNALLAH...

    BalasPadam
  8. Maha suci allah

    BalasPadam

tinggalkan komentar anda jika entri ini bermanfaat dan menarik untuk anda. segala pandangan sangat dihargai